GEREJA KATOLIK KRISTUS RAJA

Propeller Ads

Propeller Ads

Saturday, May 7, 2016

PEMBUKAAN BULAN MARIA DI GUA MARIA SANTOK


Pada 1 Mei 2016, pukul 10.00 wib, di Gua Maria Santok, Paroki Sambas diadakan misa pembukaan bulan Maria yang dipimpin oleh P. F. Cahyo Widiyanto OFMCap dan dihadiri oleh banyak umat, secara khusus oleh OMK Paroki Sambas. Sebelum misa umat bersama-sama mendoakan doa Rosario dan Litani Bunda Maria.

Gua Maria Santok adalah gua alami yang letaknya di pinggir jalan raya Santok, Kecamatan Sajingan Besar, yang dapat dijangkau sekitar 2 jam dengan kendaraan dari kota Sambas. Di sekitar gua Maria, alam masih alami. Banyak pepohonan besar mengitarinya. Ke depan jika ditata lebih baik tidak mustahil gua Maria Santok akan menjadi tempat ziarah Maria yang banyak dikunjungi umat.  

Yang khas dari misa pembukaan bulan Maria ini adalah kehadiran OMK Paroki Sambas yang menganimasi liturgi dengan musik ala OMK. Alhasil misa berjalan dengan segar, khidmat dan gembira.


Dalam khotbahnya, Pastor Cahyo menjelaskan, mengapa bulan Mei disebut bulan Maria. Alasannya, Gereja sesuai dengan tradisinya mau menghormati Maria sebagai Bunda Allah yang nampak dalam pesta “Maria Mengunjungi Elisabet” saudarinya pada 31 Mei. Alasan yang lain, sesuai dengan apa yang dikatakan Paus Paulus VI, Gereja mau mengajak umat beriman untuk aktif berdoa bersama, terdorong oleh pelbagai kepentingan Gereja atau karena bahaya yang mengancam dan menuntutnya.

Selanjutnya P. Cahyo mengajak umat, agar mereka memiliki keutamaan-keutamaan yang ada di dalam diri Bunda Maria, yakni imannya yang teruji dalam suka dan duka dan keterbukaannya terhadap bimbingan Roh Kudus. Keutamaan-keutamaan ini dapat dihayati dalam hidup orang beriman, jika umat seperti Maria sungguh-sungguh mengasihi Yesus dan menaati Firman-Nya sebagaimana dikatakan Yesus sendiri, “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.” (Yoh.14:23).

Setelah misa, OMK berkumpul untuk mendiskusikan dimanakah EKM (Ekaristi Kaum Muda) pada bulan Juni 2016 akan diadakan. Keputusannya akhirnya disepakati, yakni EKM berikutnya akan diadakan 5 Juni 2016 di Stasi Keranji pukul 12.00. (Velvlriavv).

0 komentar:

Post a Comment